Ada Kebanggaan Saat Mengaku NU

0
110
Andree Feillard
Andree Feillard
Andree Feillard

[Semarang –elsaonline.com] Peneliti masalah politik Nahdlatul Ulama (NU), Andree Feillard mengatakan bahwa naiknya KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke pentas nasional membawa perubahan bagi angin politik dan identitas warga Nahdliyyin.

“Kehadiran Gus Dur di panggung nasional kemudian menyedot orang-orang untuk kmudian mengidentifikasi dirinya sebagai orang NU. Seperti ada panggung nasional buat orang NU disana,” tutur Andree saat bersilaturahmi di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, Selasa (15/5).

Kehadiran Andree disambut oleh Rais Syuriah PWNU, KH. Ubaidullah Shodaqoh, Drs. H. Moh. Adnan MA (Wakil Syuriyah) Dr. H. Abu Hapsin (Ketua Tanfidziyah) dan M. Arja Imroni (Sekretaris). Obrolan selama kurang lebih 3 jam itu berlangsung dalam penuh keakraban.

Senada dengan Andree, Kyai Ubaidillah menambahkan kalau penyebar Islam ke desa-desa itu pada dasarnya adalah orang-orang pesantren dan NU. Ketika Gus Dur menjadi presiden, seperti ada penguatan tentang identitas keNUan itu.

Abu Hapsin menambahkan ada semacam pride atau kebanggan saat mengaku NU. “Being a member of NUitu tak lagi dicirikan sebagai masyarakat desa atau yang uncivilized (tak beradab). Pengaruh Gus Dur itu sangat besar sehingga menjadi NU itu seperti menjadi bagian dari penganut pemikiran Gus Dur,” terang Abu.

Staf pengajar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo itu mengatakan, sekarang warga NU tak hanya alumni Universitas atau Institut berlatar belakang agama saja. Tak sedikit warga NU yang studi kedokteran, dan lain-lain. “Tahun 1970-an, NU itu ya di IAIN saja. Sekarang lebih heterogen. Diversifikasinya banyak,” kata Abu Hapsin.

Meski begitu, betapapun mereka sekolah dimana-mana, lanjut Abu, kepatuhan pada klergi (baca: Kyai) masih cukup kuat. “Nah, saya ini kebetulan ada di dua dunia; kampus dan juga sebagai pengurus NU,” sambung alumnus  Mahidol University, Thailand tersebut. [elsa-ol/TKh-@tedikholiludin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here