Dulu, Jemaat Katolik Ibadah di Gereja Blenduk

0
173
Gereja Blenduk
Gereja Blenduk
Gereja Blenduk

[Semarang-elsaonline.com] Letak bangunan Gereja Santo Yusuf Gedangan Semarang tidak jauh dari bangunan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, atau sering disebut dengan Gereja Blenduk.

Dengan letak bangunan yang hanya berjarak sekitar 500 meter, di mana Gereja Gedangan berada di Jl. Ronggowarsito 11 Semarang, sedangkan Gereja Blenduk di Jl. Letjend Suprapto 32 Semarang. Keduanya ternyata memiliki kesamaan yang penting untuk sejarah perkembangan gereja yang ada di wilayah Semarang. Kesamaanya, kedua gereja tersebut merupakan gereja tertua di Semarang.

“Gereja Gedangan ini Gereja Katolik tertua yang ada di Semarang, memang lebih tua Gereja Blenduk, makanya Gereja Blenduk sering disebut sebagai Gereja Kristen pertama di Semarang”, kata Andang, Mantan Ketua Pemuda Katolik Kota Semarang ketika elsaonline bersama Komunitas Lintas Agama “Pondok Damai” melakukan kunjungan ke Gereja  Gedangan (5/4).

Senada yang disampaikan oleh Andang, Samudra salah satu pengurus Gereja Gedangan menjelaskan bahwa sebelum Gereja Gedangan ini dibangun, jemaat katolik melakukan ibadah di Gereja Blenduk. Setelah berjalannya waktu, baru kemudian umat katolik mendiringan gereja sendiri, yang letaknya tidak jauh dari Gereja Blenduk yang kemudian gereja ini disebut dengan Gereja Santo Yusuf Gedangan.

“Dulu sebelum Gereja Gedangan ini dibangun, umat katolik melakukan ibadah di Gereja Blenduk, waktunya dijadwalkan, setelah umat Kristen selesai ibadah baru kemudian umat katolik melakukan ibadah”, jelas Samudra. [elsa-ol/wahib-@zainal_mawahib]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here