eLSA Report on Religious Freedom III

0
28

Beberapa kasus yang diangkat dalam eRORF edisi III kali ini cukup bervariasi. Kasus yang paling penting untuk digarisbawahi adalah Surat Edaran Walikota Tegal tentang pengawasan terhadap aliran Syiah Imamiyah. Diduga kuat, Surat Edaran ini potensial menjadi alat negara untuk tidak lagi berdiri netral sebagai pengayom seluruh warga negara.

Selain kasus tersebut edisi ini juga mengangkat beberapa isu penting yakni pelemparan bom molotov di Gereja Kristen Jawa Klaten, pembubaran aktivitas waria di Sukoharjo, penggerebekan markas aliran Amanat Keagungan Ilahi di Klaten serta beberapa kasus lainnya.

Kabar yang cukup menggembirakan datang dari Sekolah Dasar Negeri (SD N) 03 Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Sadar bahwa institusi ini didiami oleh para murid dengan keyakinan plural, pihak sekolah menyediakan tiga rumah ibadah sekaligus untuk murid-muridnya. Selain berita tersebut, protes yang dilakukan oleh seniman Semarang terhadap perobohan patung di Purwakarta juga akan menghiasi edisi kali ini. Download disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here