eLSA Report on Religious Freedom IV

0
43

Catatan yang direkam dalam eRORF IV, beberapa diantaranya menunjukkan kemajuan yang penting diapresiasi. Umat Syiah di Jawa Tengah misalnya. Mereka bisa melaksanakan kegiatan peringatan Hari Asyura di Mesjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dengan aman. Peringatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2000, dan ini merupakan yang ketiga kali di MAJT. Ada kurang lebih 3000an peserta yang menghadiri acara tersebut.

Peringatan tahun Tanggap Warsa Wulan Suro aliran Sapta Darma juga berlangsung dengan lancar di lantai II SMK 7 Kota Semarang. Selain itu ada juga berita yang cukup menyejukkan dimana pemerintah Kota Surakarta memberikan kelonggaran dengan menggratiskan proses pengurusan IMB di daerah setempat. Hal yang sama juga berlaku di Kabupaten Purbalingga.

Dalam bagian lain ada juga cerita tentang dugaan aliran-aliran keagamaan yang dianggap berbeda dengan mainstream, penolakan sebagian masyarakat terhadap praktek imunisasi karena menganggap ada kandungan najis di dalamnya serta berita-berita lainnya. Tak lupa eRORF edisi ini juga menjabarkan survey dari Setara Institute tentang penolakan sebagian besar masyarakat di Jawa Tengah dan DIY terhadap kelompok-kelompok Islam radikal. Download disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here