Pemimpin Harus Mampu Tampilkan Karakter Indonesia

0
51
Zafrullah Ahmad Pontoh

[Semarang –elsaonline.com] Indonesia, bangsa yang beragam suku dan budaya. Indonesia memiliki bahasa, adat, suku yang berbeda-beda, juga memiliki keberagaman budaya yang khas dibanding negara lainnya. Pempin Indonesia diharapkan mampu menampilkan karakter Indonesia di kancah Internasional.

Hal demikian diungkapkan tokoh Ahmadiah, Zafrullah Ahmad Pontoh saat berbicara di Semarang, belum lama ini. Selain mengharap karakter pemimpin, Indonesia juga diharapkan mampu mencetak generasi yang terus bersikap toleran dan pluralis.

“Kultur budaya bangsa Indonesia tercermin dari keragaman yang dimiliki bangsa ini. Keragaman suku, budaya, bangsa, agama, kepercayaan ini sulit untuk ditemukan pada bangsa lain. Mungkin bangsa lain memiliki keragaman agama dan budaya seperti Indonesia tentunya, namun keragaman bahasa dan suku bangsa serta asimilasi diantara suku bangsa sebagaimana yang terjadi di Indonesia, tak ditemukan bangsa lain,” kata Zafrullah.

Selanjutnya, pempin yang menunjukkan karakter itu harus juga dilandasi dengan sikap kepemimpinan yang menjunjung kebebasan hak-hak warga negaranya.

“Seperti contoh Rasulullah ketika memimpin Yastrib (Madinah). Beliau menyingkirkan suatu kelompok di Madinah bukan karena pemahaman atau keyakinan suatu agama, tapi karena kelempok tersebut sudah membuat keonaran dan kerusuhan yang mengancam kenyaman Madinah,”, jelas anggota Jamaat Ahmadiyah Semarang.

Dia menekankan akan pentingnya pemahaman bagi calon pemimpin bangsa untuk memenuhi hak-hak minoritas demi keamanan dan kenyamanan. Seorang pemimpin harus berbuat adil pada setiap golongan maupun kelompok. Pemimpin harus mencerminkan tauladan yang baik bagi masyarakat, bukan memerintah atau menyuruh.

Seorang pemimpin, katanya, harus memilih pendamping yang selalu mengingatkan apa itu fungsi daripada seorang pemimpin, yakni sebagai contoh bagi warganya.

“Saya juga menegaskan bahwa, imam-imam ahmadiyah memiliki kecintaan yang tinggi pada negeri ini, di mana para imam juga menyerukan  kepada umatnya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak masa penjajahan hingga saat ini,” pungkasnya. [elsa-ol/Cahyono-@cahyononanantato/Nurdin-@NazarNurdin2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here