Ming. Okt 25th, 2020

elsaonline.com

Voice of the voiceless

Problem Kebebasan Beragama di Jawa Tengah Dipetakan

1 min read

FGD tentang Toleransi dan Kebebasan Beragama di Jawa Tengah

FGD tentang Toleransi dan Kebebasan Beragama di Jawa Tengah
FGD tentang Toleransi dan Kebebasan Beragama di Jawa Tengah
[Semarang –elsaonline.com] Jum’at (29/8), SETARA Institute menggelar Focus Group Discussion tentang Toleransi dan Kondisi Jaminan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Provinsi Jawa Tengah 2014. Bertempat di Hotel Santika Premiere, Semarang diskusi diikuti oleh 12 peserta.

Selain dari kalangan aktivis yang selama ini bergiat dalam isu Kebebasan Beragama dan Berkyakinan (KBB) di Jawa Tengah seperti Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA), hadir juga perwakilan dari Sedulur Sikep, Ahmadiyyah, Khonghucu dan Kelompok Kristen Unitarian.

Bonar Tigor Naipospos, Wakil Direktur SETARA Institute mengatakan bahwa diskusi ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual kondisi KBB di wilayah Jawa Tengah dan memetakan harapan baru perbaikan kondisi KBB pada era kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla.

Ceprudin, Khoirul Anwar dan Tedi Kholiludin dari eLSA menyampaikan banyak data tentang konflik bernuansa agama yang terjadi di Jawa Tengah selama tahun 2011-2013. Secara khusus, Anwar menyoroti kasus-kasus yang berkaitan dengan diskriminasi yang menimpa penghayat kepercayaan di Jawa Tengah.

Sementara Ariyanto Nugroho dari Kristen Unitarian juga menyampaikan diskriminasi yang menimpanya, terutama yang didapati dari kelompok Kristen sendiri. “Cuma memang tidak ada tekanan dalam bentuk fisik,” ungkap Ari.

Pemetaan terhadap kondisi kebebasan beragama dan berkeyakinan di Jawa Tengah ini tentu sesuatu yang penting, selain bagi pemerintah daerah Propinsi Jawa Tengah sendiri juga untuk pemerintahan pusat. Kebijakan dalam bidang agama, kerapkali tidak mengindahkan potensi keragaman yang dimiliki. [elsa-ol/TKh-@tedikholiludin]

Baca Juga  Kudusnya Sapi di Kudus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *