elsaonline.com

Voice of the voiceless

eLSA Report on Religious Freedom XLIII

1 min read

bulettin edisi 43
Pembaca yang budiman, eRORF kini hadir kembali. Terbitan kali ini masih tetap fokus pada perkembangan kehidupan keberagaman penganut Kepercayaan di Jawa Tengah. Para penganut kepercayaan tampaknya semakin menyadari bahwa negara ini tidak mampu mewadahi semua warga negaranya.

Mereka mengkritisi keberadaan Kementerian Agama yang didominasi oleh umat Islam. Padahal, hakikat dari Kementerian Agama adalah kementerian semua agama. Para penganut kepercayaan mempertanyakan keberadaan Kantor Urusan Agama (KUA) yang berada di tingkat kecamatan yang hanya mengurusi umat Islam. Hal ini ada relevansinya dengan perjuangan mereka selama puluhan tahun. Para penganut kepercayaan sangat berharap mereka bisa diakui oleh negara layaknya enam agama resmi negara lainya.

Keinginan ini, diperkuat dengan survei sederhana terhadap penganut kepercayaan, dimana hasilnya mereka semua ingin diakui atau disamakan haknya oleh negara. Namun, mereka sadar bahwa perjuangan itu membutuhkan waktu panjang dan jalan yang terjal. Sehingga mereka selalu berharap supaya harapanya bisa terwjud di kemudian hari. Selamat membaca!
Download disini

Baca Juga  eLSA Report on Religious Freedom XXXV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *