Jum. Sep 25th, 2020

elsaonline.com

Voice of the voiceless

Pesantren

PESANTREN MAHASISWA “AT-TAHARRURIYAH”

Latar Belakang
Pesantren Mahasiswa (Pesma) At-Taharruriyah adalah pesantren yang bernaung di bawah sebuah Yayasan Pemberdayaan Komunitas ELSA (Lembaga Studi Sosial dan Agama) dan mulai melakukan kegiatan sejak tahun 2014. Pesantren ini utamanya berada dibawah asuhan KH Abu Hapsin, M.A, Ph.D, KH. Dr Arja Imroni dan Drs. Sahidin, MSI, beserta para dosen alumnus pesantren.

Secara geografis, Pesma At-Taharruriyah berjarak tak jauh dari Kampus Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pada kampus hijau ini, terdapat lembaga-lembaga baik eksta maupun intra kampus untuk menunjang pengetahuan mahasiswa. Namun, banyaknya lembaga ini tidak sebanding dengan keberadaan lembaga pesantren yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang pengetahuan mahasiswa dalam ilmu agama dan ilmu sosial. Karena itu, kehadiran pesantren At-Taharruriyah ini diharapkan menjadi penyumbang kemampuan mahasiswa dalam ilmu agama dan sosial untuk peradaban dan kemanusiaan.

Supaya menghasilkan alumnus yang berkualitas, memiliki kepribadian santun dan beretika, mahasiswa yang menjadi santri di pesantren ini akan diberikan ilmu agama dan ilmu-ilmu sosial modern. Terutama penguasaan bahasa inggirs, arab, dan kemahiran dalam melakukan penelitian dan menulis. Para santri yang santun dan beretika ini, akan sangat baik jika dilengkapi dengan kemampuan berbahasa inggris, arab, dan kemampuan menulis penelitian.

Visi
Menjadi pesantren mahasiswa pelopor, pembinaan, dan pengembangan kecendekiaan yang beretika untuk peradaban dan kemanusiaan berdasarkan nilai-nilai Islam.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan nonformal yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam berfikir, bersikap dan bertindak.
2. Mencetak santri mahasiswa yang santun, beretika, dan mumpuni dalam kajian keislaman.

Tujuan
1. Menciptakan santri mahasiswa yang berwawasan internasional untuk kemajuan peradaban dan kemanusiaan
2. Menghasilkan cendekiawan muslim yang berakhlak mulia dan menebar manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.
3. Mewujudkan cendekiawan muslim yang mampur bersaing di kancah nasional dan internasional.
4. Menghasilkan kader pemimpin umat yang berintegritas dan visioner

Pengasuh
KH. Abu Hapsin, PhD
Dr. KH. Moh. Arja Imroni, M.Ag

Lurah Pesantren
Khoirul Anwar, M.Ag

Sekretaris
Alaik Ridhallah, SH

Bendahara
Putri Dwi Kirana, SE

Staf Pengajar
KH. Abu Hapsin, PhD
Dr. Tedi Kholiludin
KH. Iman Fadhilah, MSI
Siti Rofiah, MH
Yayan M. Royani, MH