elsaonline.com

Voice of the voiceless

FKUB Jawa Tengah Raih Harmony Award 2020

2 min read

Taslim Sahlan (memakai batik), Ketua FKUB Jawa Tengah menerima penghargaan Harmony Award 2020 [Foto: Istimewa]

Jakarta, elsaonline.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan “Harmony Award 2020 dari” Kementrian Agama Republik Indonesia yang diberikan di Kantor Kementrian Agama Selasa, (5/1/2021).

Penganugerahan Harmony Award 2020 yang diselenggarakan bersamaan dengan upacara peringatan Hari Amal Bhakti tersebut diberikan kepada FKUB Provinsi Jawa Tengah beserta 29 lembaga yang terdiri dari Pemerintah daerah baik Provinsi atau Kabupaten/Kota, FKUB Provinsi, dan juga FKUB Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Bagi Ketua FKUB Jawa Tengah, Taslim Syahlan, Harmony Award yang diterima oleh FKUB Jawa Tengah pada hakekatnya merupakan penghargaan untuk semua umat bergama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di wilayah Jawa Tengah.

“Jadi bukan penghargaan untuk pengurus FKUB Jawa Tengah saja,” tuturnya saat dihubungi melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp. “Penghargaan ini diperuntukan untuk semua pihak yang selama ini memberikan support bagi terwujudnya kerukunan umat beragama di Jawa Tengah.”

Menurut Taslim, banyak pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan beragama dan berkepercayaan di Jawa Tengah. Ia mencontohkan seperti, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, dan pengurus FKUB Provinsi serta FKUB Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

“Di samping itu, sinergi yang cukup solid antara FKUB Provinsi Jawa Tengah dengan berbagai elemen, organisasi, majelis agama, LSM, media, dll juga merupakan faktor yang tidak terpisahkan dengan diperolehnya Harmony Award ini,” paparnya.

Menurut pria yang juga pengurus MUI Jawa Tengah tesebut, faktor penguat terpilihnya FKUB Provinsi Jawa Tengah terpilih menjadi salah satu penerima Harmony Award adalah kerja-kerja sosial keagamaan yang selama ini dibangun oleh FKUB bersama organisasi keagamaan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, organisasi sosial kemasyarakatan, serta media yang ada di Jawa Tengah.

Baca Juga  10 Aliran Kepercayaan di Jateng Ikuti Workshop Paralegal eLSA

“Jadi kami (FKUB Jawa Tengah) sadar betul bahwa ikhtiar untuk menguatkan toleransi di Jawa Tengah ini tidak bisa dilakukan sendiri tanpa bersinergi. Maka dari itu, ke depan bangunan toleransi yang sudah baik pada saat ini harus terus dikuatkan bersama-sama dengan semua pihak,” imbuhnya.

Taslim optimis, kolaborasi yang solid antara FKUB Jawa Tengah dengan berbagai elemen yang ada akan menjadi pemantik optimisme publik atas terpeliharanya kehidupan beragama dan berkeyakinan yang penuh dengan suasana kedewasaan, persaudaraan serta kerukunan di Jawa Tengah.

Di saat yang sama, FKUB Kota Semarang, FKUB Kabupaten Sragen, Pemerintah Kota Surakarta dan Pemerintah Kota Semarang turut menerima penganugerahan Harmony Award 2020 Kemenag RI berdasarkan penilaian dari Balitbang Kemenag RI. [Sidik Pramono]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *