elsaonline.com

Voice of the voiceless

eLSA Report on Religious Freedom XL

1 min read

bulettin edisi 40Pembaca yang setia, kini hadir kembali buletin bulanan Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA), eRORF, dengan bentuk cetakan. Setelah terbit hanya dalam bentuk PDF di website elsaonline.com kini hadir kembali menyapa para pembaca.

Untuk terbitan kali ini, berita dikhususkan mempublikasi semua kegiatan yang berkaitan dengan pengayat kepercayaan. Penghayat kepercayaan di Jawa Tengah tampaknya belum merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Dalam kehidupan sehari-hari mereka diselimuti rasa ketakutan akan terjadi hal yang tidak diinginkan karena keyakinan mereka. Keyakinan kepercayaan yang minoritas, membuat keberadaan mereka terancam.

Karena itu, tak sedikit di antara mereka yang rela mengikuti agama mayoritas. Meskipun hanya sekadar identitas. Dalam identitas keseharian, mereka mengaku sebagai pemeluk agama mayoritas.

Namun dalam ritual keseharian mereka melakukanya sesuai dengan keyakinan kepercayaan. Mereka takut, jika identitas yang sebenarnya dibuka, masyarakat sekitar tak akan menerima keberadaan mereka. Download disini

Baca Juga  Lebaran di Jawa: Tradisi, Simbol dan Memori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *